Wednesday, November 2, 2011

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Saat Install Windows

Bookmark and Share


Mungkin diantara kalian ada yang bingung pada saat mau menginstall laptop kalian dengan Windows XP atau versi Windows dibawahnya. Pada saat akan memulai instalasi muncul pesan error dengan layar biru atau yang sering disebut Blue Screen. Hal ini memang umum terjadi terutama pada laptop keluaran terbaru yang sudah dipaket dengan Windows Vista. Kenapa bisa begitu?


Rata-rata Laptop jaman sekarang sudah berupa paket bundling Windows Vista. Tentu ada alasannya, salah satunya karena Windows Vista pada masternya sudah mendukung teknologi AHCI, yaitu semacam teknologi yang berkaitan dengan hard disk kalian semua. Sementara Windows XP belum mendukung teknologi itu, dan apabila di-install menggunakan Windows XP, saat masuk di lembar deteksi Harddisk terjadi bluescreen. Sebenarnya masalahnya adalah Windows XP SP1/SP2 tidak mengenal AHCI, berarti kita harus membuat CD Instalasi Windows XP ini mengenal IDE/SATA agar bisa diistall Windows XP SP2.
Cara Instalasinya lumayan ribet, jadi ga akan gw tulis disini. Kalian bisa liat disini. Gw Cuma akan share cara yang simple aja dengan cara merubah setingan SATA Controller pada Bios Laptop. Caranya masuk ke bios Laptop kalian dan cari yang ada hubungannya dengan SATA Controller, karena tiap laptop kadang beda. Nah, bisanya setingan default ada pada AHCI, so kita ganti aja dengan pilihan kedua. Kalo di Laptop Gw Toshiba Satellite L510 cuma ada pilihan AHCI dan Compatbility. Kalo udah save setting nya dan exit.

Nah.. Sekarang kita baru bisa install Windows XP tanpa ada pesan Blue Screen. Gw ga tau apa cara ini bisa jalan di semua Laptop, tapi yang gw tau di laptop gw bisa jalan dengan cara ini. So, jangan bingung-bingung, ayo coba aja.


No comments:

Post a Comment

video games games game download video game pc games pc games download