Saturday, October 29, 2011

Crossflash HP SE K530, K618, K610, V630 to W660

Bookmark and Share


Akhirnya sempet juga posting tutorial ini. Kemaren-kemaren HP baru gw jual, n dah beli lagi K610 langsung aja gw crossflash ke w660. HP jadi tembah keren bro. Nah..Kali ini gw akan kasih tutorial crossflash HP SE K61x to W660. Tutorial berikut ini hanya untuk HP Sony Ericsson tipe K610, K618, K530, atau V630.
K61x kini sudah bisa dicrossflash dengan firmware milik SE W660. Ada beberapa keuntungan yang di dapat yaitu:
1. HP kini menjadi support Flash Menu.
2. Mempunyai Media Player Walkman v.2.
3. Mempunyai fitur Megabass.
4. Mempunyai fitur Track ID.
Tetapi, ada beberapa fitur asli W660 yang tidak bisa berjalan di K61x:
1. Radio. Ini hardware issue karena K61x pada dasarnya tidak dilengkapi dengan radio.
Kemudian, untuk membuat Walkman berfungsi normal tanpa gangguan, ada beberapa fitur asli K61x yang terpaksa dikorbankan:
1. Kamera. Banyak yang mengatakan kamera di K61x sangat buruk karena hanya 2 MP tanpa autofocus, jadi tidak ada gunanya juga toh kamera tetap aktif di K61x
Kelemahan ini bisa di atasi tanpa mendeaktifkan kamera. Trik yang dipakai adalah dengan mengaktifkan aplikasi FaceWarp (untuk membuat HP sibuk dengan kamera), kemudian aktifkan Walkman tanpa menutup FaceWarp.
Yang dibutuhkan :

1. HP SE (K530/K610/K618/V630) yang sudah memiliki EROM CID52.
2. Firmware W660, MAIN Firmware, FS Firmware.
3. Kabel data DCU-60 (kabel bawaan SE).
4. Tools XS++ v3.2.
5. Tools Far Manager + SEFP db2020
6. USB Flash Driver jika komputer belum terinstall driver ini
7. Custom pack W660 Generic Trade Indonesia
8. CamDriver original K610
9. Display Driver original k610
Sebelum melakukan flashing, download dulu semua files dan tools yang dibutuhkan. Untuk melakukan crossflashing kita gunakan tools Setool2lite.
Langkah Flashing :
1. Buka XS++, klik 'connect'
2. HP dalam keadaan mati, tekan tombol "C" di HP anda, kemudian colok DCU-60 ke HP, setelah sebelumnya mencolokkan ujung satunya ke port USB di komputer anda.
3. Jika koneksi berhasil, akan ada tampilan log yang berisi informasi firmware HP di sebelah kiri XS++.  
4. Centang pilihan "Customize File System", kemudian balik ke "Settings" di Configuration. Di layar "Settings" pada bagian Wayin, pilih "BreakXS".
5. Kembali ke pilihan Flash, centang Flash Main Firmware, pilih file hasil ekstraksi W660_R8BB001_FS_APAC_RED52.fbn.RAR 
6. Centang Flash Main Firmware, pilih file hasil ekstraksi  W660_R8BB001_MAIN_ORANGE_FY_RED52.rar 
7. Di bagian Select Customization, di Select Phone Model, pilih own_custpack.
8. Setelah, siap, klik Flash.
9. Jangan sentuh HP HP sampai proses flashing selesai.
Langkah Flashing sudah selesai. Bagi yang memilih untuk mengaktifkan Walkman dengan trik FaceWarp, HP sudah bisa dinyalakan. HP anda sudah menjadi W660. Namun pada HP tertentu setelah langkah flashing selesai dan HP dinyalakan akan ada kejanggalan dalam tampilannya. Warna menjadi tidak jelas, dikarenakan ketidakcocokan camdriver dengan hardwarenya. Untuk mengatasi Hal tersebut, perlu dilakukan upload display driver original HP sebelum di crossflash, misalnya display driver original k610. 
Bagi yang ingin mendeaktifkan kamera, langkah selanjutnya harus dilakukan yaitu dengan menghapus dua driver kamera di HP (camdriver0.dat dan camdriver1.dat.
Langkahnya: 1. Run FAR Manager.
2. Klik "ConfMn" atau tekan tombol F9. Di Menu bar, klik "Commands", arahkan pointer mouse anda ke pilihan "Plugin commands" atau tekan F11.
3. Akan muncul pilihan Plugin commands, pilih "SEFP"
4. Setelah menu SEFP muncul, pilih device "DCU-60", Speed "921600", Pilih Boot script sesuai dengan CID HP anda. Untuk tutorial ini, HP yang digunakan adalah HP SE db2020. Selanjutnya klik "Enter the Matrix".
5. Tunggu HP terkoneksi dengan komputer. Setelah itu pilih FS.
6. Setelah FS terbuka, masuk ke folder IFS\SETTINGS\CAMERA.
7. Di dalam folder tersebut terdapat dua file, camdriver0.dat dan camdriver1.dat. Hapus keduanya.
8. Quit FAR, cabut HP, nyalakan HP seperti biasa.Untuk Mengupload display driver original, berikut langkahnya menggunakan Far Manager :1. lakukan langkah awal seperti diatas2. kemudian pilih FS, masuk ke IFS\SETTINGS\DISPLAY\3. Pada tab sebelah kanan Far Manager  cari direktori tempat display driver berada4. klik file display drivernya, klik copy5. Tunggu sampai proses pengkopian selesai6. Setelah selesai,  keluar dari Far Manager, cabut HPCoba nyalakan HP nya, apabila berhasil akan ada perubahan pada tampilannya, warna akan kembali normal seperti semula.  
Nah.. sekarang HP sudah menjadi W660, nikmatilah sensasi Walkman V2 dan beberapa fitur lainnya.Met Mencoba.. Moga sukses...

1 comment:

video games games game download video game pc games pc games download