Saturday, October 29, 2011

Tutorial Patching HP SE W800

Bookmark and Share


Udah lama neh ga bahas masalah modding. Sekarang akan gw kasih tau tutorial patching SE W800. Patching itu sendiri adalah proses memodifikasi sebagian dari firmware terutama pada MAIN firmware dengan mengganti byte-byte data yang sudah ada dengan data yang baru, dengan tujuan untuk meningkatkan performa dan fitur yang ada di HP. Patching ini juga bisa menambah fitur yang tadinya tidak tersedia di HP, seperti proteksi inbox sms, menjalankan radio tanpa headset, menjalankan hp tanpa sim card, dan masih banyak lagi fitur yang bisa ditambahkan dengan melakukan patching pada HP.
Untuk bisa melakukan patching, ada beberapa tools dan file yang diperlukan. Toolsnya bisa memakai SETool2Lite atau Far manager. Tapi untuk far manager agak sedikit rumit, so mending pake SETool2Lite aja. Filenya berupa script yang berisi code dalam bentuk bilangan biner yang ditulis dalam notepad berextensi .vkp.
Sebelum melakukan patching, download dulu tools dan file nya :
EPIUSB ( Jika komputer belum terinstal driver ini, download dan install dulu )
SETool2Lite v1.11
W800_Patch_Pack ( Khusus untuk R1BC002 Firmware )
Langkah pertama, jika komputer belum terinstal EPIUSB, install dulu drivernya. Buka SETool2lite, pada Phone Type pilih tipe hp yang akan di patch. Untuk memasukkan patch filenya, pada kolom MISC Files klik ... kemudian pilih file patchnya, contoh : w800_R1BC002_Work_ phone_without_SIM_cards.vkp
Kalo udah, coba klik tombol E maka akan muncul isi dari file patch tersebut pada notepad. Untuk memulai proses patching nya, klik tombol Write SCRIPT. Tunggu sampai tombol READY aktif, kemudian tekan tombol READY. Maka SETool akan memulai mentransfer patch file nya ke dalam MAIN Firmware HP.
Setelah proses loading data pada SETool selesai, maka SETool akan memulai mempatch HP, sebelumnya akan ada notifikasi atau peringatan apakah akan menghilangkan patch atau tidak, pilih aja NO. kalo pilih YES patch akan dihapus.
Lihat contoh log berikut :

Going to execute VKP script....
ChipID:8040,EMP protocol:0301
PHONE IS RED RETAIL PRODUCT
FLASH CID detected:49
Speed:921600
OTP LOCKED:1 CID:49 PAF:1 IMEI:35378501778849 CERT:RED
LDR:051207 0928 NPACXC1250165_1_SEMC_COMPACTFLASHLOADER R2B
Flash ID check:890D
Flash props sent ok
DETACH CABLE FROM PHONE.
REMOVE BATTERY FROM PHONE, THEN INSERT IT BACK
THEN PRESS "READY"
Trying to launch embedded bootloader...
INT LDR:COMPACT_ID_LOADER_CRIPPLED_SETOOL2_R2
Flash ID check:890D
Flash props sent ok
FOUND: R1BC002_CXC1250092_EU_1_CA
Restore from:R1BC002_CXC1250092_EU_1_CA
Starting to process VKP patch script: D:\Rizky®\Folder Khusus HP\Tools\New Folder\w800_R1BC002_move_drivers_to_other_v2.vkp
VKP script loaded OK. Lines: 11
Patch structure created OK. Determining blocks to read...
New block #0000 added: $443E0000
Blocks selected OK. Reading blocks: 1
Blocks readed to memory OK. Checking contents...
Blocks patched OK. Start writing...
Block 0 written
VKP script executed OK
Elapsed:61 secs.
Tunggu beberapa saat sampai proses patching selesai. Kalo patching sudah selesai dan berhasil, maka akan muncul tulisan "VKP script executed OK" seperti pada log.
Lakukan langkah yang sama seperti diatas untuk mempatch file yang diinginkan.
Metode ini tidak hanya berlaku untuk HP W800 saja, tetapi bisa digunakan untuk semua tipe HP yang ada pada list SETool2Lite, tinggal pilih aja tipe Hp yang akan dipatch dan juga harus menggunakan patch file yang kompetibel (cocok) dengan tipe firmware HP. Misalnya file patch pada link download diatas hanya bisa digunakan pada HP SE W800 dengan tipe firmware R1BC002 dan tidak bisa dipakai untuk tipe Hp atau firmware lain.
Ok Bro, sekian dulu tutorialnya, Tutorial selanjutnya menyusul.
Mohon maaf kalo ga jelas. Moga ja bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

video games games game download video game pc games pc games download